Ratusan PNS di Garut Ikuti Pelatihan Bela Negara

berita-garut-bela-negara

170 pejabat eselon III, mengikuti rangkaian pelatihan bela negara yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut. Pelatihan dilangsungkan selama tiga hari, sejak Senin (11/05) sampai Rabu (13/05) di Markas Bataliyon Infanteri Raider 303/Setia Sampai Mati, Cibuluh, Kecamatan Cikajang. Hal ini disampaikan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Garut, Asep Suparman.

Asep mengatakan, ke-170 pejabat yang diberangkatkan terdiri dari sekretaris badan, kantor, dinas, kecamatan, kepala bidang dan bagian. “Para peserta mendapatkan materi wawasan kebangsaan, penegakan kedaulatan hukum dan hak asasi manusia, bahkan pengetahuan soal intelejen,” ujarnya, Selasa (12/05).

Selain materi dasar yang didapatkan peserta dari instruktur dan pelatih dari Yonif Raider 303/SSM, Bupati, Dandim 0611, hingga Kapolres Garut didaulat menjadi pemateri. Dengan materi tersebut, diharapkan para peserta bisa meningkatkan sinergitas antar instansi, juga sadar akan pentingnya bela negara yang menjadi output dari kegiatan tersebut. “Dengan begitu, suksesnya penyelanggaraan pemerintahan akan terwujud ketika setiap pegawai memiliki jiwa rasa memiliki akan cinta tanah air, jiwa korsa yang tinggi serta jiwa ingin memberikan darma baktinya bagi kepentingan masyarakat,” sebutnya.

Adapun dampak yang yang ingin dicapai, sebut Asep, secara psikologis diharapkan pemahaman ideologi negara yang meningkat. Selain itu, meningkat juga pemahaman wawasan kebangsaan, nilai luhur bangsa, cinta tanah nair, serta rasa persatuan dan kesatuan yang semakin kuat.

Bupati Garut, Rudy Gunawan berharap, dari pelatihan tersebut muncul inovasi, pemikiran yang baik sehingga mempengaruhi setiap langkah kerja dan memberikan warna tersendiri bagi terlaksananya berbagai upaya pelayanan yang dilaksanakan. “Inovasi serta terobosan, akan memperbaiki setiap pekerjaan, sehingga hal itu akan sangat dibutuhkan oleh setiap individu di lingkungan kerjanya masing-masing,” katanya. (Jalaludin/WP)