UPTD Pendidikan akan Dihapus!

uptd-pendidikanKeberadaan UPTD Dinas Pendidikan yang merupakan kepanjangan tangan dari Dinas dan Kebudayaan kabupaten di tingkat kecamatan akan dihilangkan. Sehingga Dinas Pendidikan khususnya di Kabupaten Garut sekarang ini kelabakan.

Seperti dikatakan Ketua Paguyuban UPTD Disdik Garut, H. Engkur, menurutnya PP 28 tahun 2016 yang salah satu poin diantaranya penghapusan UPTD, itu baru rencana pusat. “Kalau itu memang harus diberlakukan, dan UPTD Disdik dihilangkan, maka pemerintah daerah harus mencari solusinya. Atau kembali ke tahun 1974, dulu namanya Kepala Ranting Dinas Kecamatan,” jelasnya.

Menurut H. Engkur, Kabupaten Garut memiliki 42 kecamatan dan 42 UPTD Disdik. Dengan jumlah sekolah dasar ada 1500 ditambah SD swasta.

“Bayangkan saja jika UPTD dihilangkan, bagaimana tingkat kesulitan yang akan dihadapl baik oleh guru-gurunya sendiri ataupun oleh pihak Disdik,” ungkapnya. Untuk it H. Engkur berharap, pemerintah daerah harus secepatnya mencari solusi terbaik.

Hal senada diungkapkan UPTD Disdik Tarogong Kidul. Iwan Setiawan. Menurut Iwan kalau memang itu sudah merupakan keputusan pusat, ia akan mendukungnya. “Namun Pemkab Garut harus mencari solusi, jangan sampai Disdik keteteran ngurusin guru SD yang jumlahnya hampir 10.000 orang”.

Iwan nemnta Pemkab Garut bijaksana mencari solusinya. (Yayat Ruhiyat/WP)